Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Metode Unik Belajar Tanpa Wajib Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak hanya kangen dengan sahabat-sahabat atau momen asyik lainnya, tapi kamu juga pasti rindu belajar dan mendapatkan ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, melainkan enggak segala dari kita dapat kembali ke kursi kuliah sebab alasan tertentu. Tapi enggak melanjutkan kuliah ke jenjang selanjutnya bukan berarti kamu enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di era komputerisasi ini. Berikut cara-sistem unik untuk belajar tanpa patut kuliah lagi yang bisa kamu terapkan!

7 Sistem Unik Untuk Belajar Tanpa Patut Kuliah

#1. Memperdengarkan podcast
Untuk kamu cewek yang sibuk bekerja, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di sela-jeda kesibukanmu. Kamu bisa menyelesaikan permasalahan itu dengan mendengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, bermanfaat, dan dapat menambah ilmumu, lalu kau dapat mendengarkannya ketika berada di kendaraan umum menuju kantor atau di ketika jam makan siang.

#2. Update info dan popularitas terupdate
Ini mungkin terdengar remeh, namun enggak ada yang lebih bikin kamu nampak jago dan knowledgeable selain up-to-date dengan informasi dan popularitas terkini yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain smartphone untuk membuka portal kabar dan baca info tiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Ikut seminar atau pelatihan
Kau berharap menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kamu berkeinginan mengasah passion kau di luar profesi kantoranmu? Bisa! Kini sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kamu ikuti layak dengan minatmu. Dijamin kau akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang bisa bikin kamu nyaman duduk di sofa seharian sambil mengamati ke layar ponselmu. Sebaiknya gunakan waktumu saat membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kau akan dapat banyak pelajaran seketika dari ponselmu, tanpa semestinya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang bisa menambah ilmumu.

#6. Ikut komunitas
Ilmu yang paling fresh yakni ilmu yang kita dapat secara segera dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan komunitas lokal. Enggak cuma kau dapat memperluas pergaulanmu dengan bertemu orang baru, namun kamu juga bisa belajar atau mendengar segera dari orang-orang komunitas hal yang demikian.

#7. Kursus online
Bila kamu yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa mesti kuliah, membikin kesimpulan, atau mengerjakan tugas lagi seperti masa kuliah, melainkan enggak ingin duduk di kelas, kamu bisa mengambil kursus online. Sudah tersedia banyak banget loh, kursus online yang cuma-cuma atau berbayar. Pastinya mempermudah kamu yang berkeinginan mendapatkan sertifikat akademis sah tanpa harus kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait di www.lovemombook.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *